Tuesday, March 6, 2012

Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippet Pada Blog


Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippet Pada Blog adalah fitur terbaru yang telah dibuat oleh google dan masih dalam tahap atau proses beta. Memang google sepertinya ingin membuat banyak fitur dan konten konten yang manarik agar google semakin disukai oleh semua orang. Pemberian/pemasangan rating bintang pada artikel postingan kita yang dicari orang melalui search enggine google dapat menandakan seberapa besar popularnya artikel tersebut. Dan cara mengetahui Artikel tersebut adalah dengan melihat sebarapa banyak bintang yang terisi.

Dan sebelum kita jauh melangkah dari sobat semua pasti dan banyak bukan yang belum mengetahui apa itu Rich Snippet ? Nah oleh karena itu ijinkan saya memberikan sedikit apa yang saya tau mengenai Rich Snippet tersebut.

Apa itu Rich Snippet ??
Rich Snippet adalah data atau informasi tambahan yang ditampilkan pada pencarian google. Dan data-data itu adalah salah satu yang saya katakan diatas tadi adalah Rating Star,Vote,Author dan banyak lagi.

Bagi sobat yang masih bingung dengan apa bentuk dan rupa dari Rating Rich Snippet tersebut,dapat anda lihat gambar dibawah.


Cara Pembuatan Rich Snippet :
  • Pertama anda harus buka dulu akun blogger anda.
  • Klik rancangan lalu Edit HTML kemudian centangkan Expand templates widget
  • Kemudian cari kode <body> ( gunakan Ctrl+F agar mempercepat pencarian ) lalu copy paste kode dibawah tepat dibawahnya.
  • <div typeof="v:Review" xmlns:v="http://rdf.data-vocabulary.org/#">
  • Selanjutnya  cari kode </body> dan copy pastekan kode css dibawah tepat diatasnya.
</div>
  • Cari kode <span class="fn"><data:post.author> kemudian copy anda paste kode dibawah tepat disamping kiri  <span class="fn">
<span property='v:reviewer'>
  • Selanjutnya copy dan paste kode </span> dibelakang <data:post.author> sehingga kalau disatukan kode css akan seperti dibawah.
<span class="fn"><span class="fn"><data:post.author></span>
  • Kemudian yang terakhir adalah dengan cara menghubungkan Blog kepada Google+ Sobat.
  • Jika sobat sudah mempunyai akun Google+ kode css dibawah tepat dibawah kode <head>
<link href='https://plus.google.com/112058799404309085292' rel='publisher'/> 
  • Save Template

Kode yang berwarna biru ganti dengan kode halaman Google+ sobat, dan untuk mengetahuinya dapat melihat link disini pada toolbar adress.

Nah Setelah semua Instruksi diatas sudah selesai terlaksana sekarang saatnya untuk melihat hasilnya. Dan cara untuk mengetahiunya adalah dengan masuk ke halaman Rich Snippet tersebut. Semoga bermamfaat bagi anda semua ya.. ^^^
Disqus Comments